Kamis, 22 April 2010

Gelombang Elektromagnetik yang ada dalam hidup ku

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan.

Ini beberapa contoh gelombang elektromagnetik dalam kehidupan saya:

Setiap hari saya selalu mendengarkan radio, terlebih lagi karena profesi saya yang sekarang tidak hanya sebagai pelajar tapi juga sebagai penyiar radio.

Radio energi adalah bentuk level energi elektromagnetik terendah, dengan kisaran panjang gelombang dari ribuan kilometer sampai kurang dari satu meter. Penggunaan paling banyak adalah komunikasi, untuk meneliti luar angkasa dan sistem radar. Radar berguna untuk mempelajari pola cuaca, badai, membuat peta 3D permukaan bumi, mengukur curah hujan, pergerakan es di daerah kutub dan memonitor lingkungan. Panjang gelombang radar berkisar antara 0.8 – 100 cm.

Dan waktu itu saya juga mengalami kecelakaan yang membuat saya harus pergi ke Rumah Sakit untuk di ronsen. Atau bias juga disebut dengan sinar X.

Sinar X biasa digunakan dalam bidang kedokteran untuk memotret kedudukan tulang dalam badan terutama untuk menentukan tulang yang patah. Akan tetapi penggunaan sinar X harus hati-hati sebab jaringan sel-sel manusia dapat rusak akibat penggunaan sinar X yang terlalu lama.

Karena itu, waktu saya melakukan ronsen petugas ronsen pergi menjauh agar tidak terkena sinarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar