Rabu, 14 April 2010

"Terkejut" dengan suhu udara di pagi hari

Hidup kita sehari-hari pasti selalu di pengaruhi dengan suhu. Tahu gak suhu itu apa?? suhu atau bahasa beken-nya "temperature" adalah besaran derajat panas atau dingin suatu benda.

nah, ini cerita saya kalau mandi pagi sebelum berangkat sekolah...hehehe :)

setiap hari saya selalu memasang alarm untuk bangun jam 5 pagi lalu pergi ka dapur membuat air panas untuk mandi, tapi karena udara pagi hari sangat dingin, saya kembali ke kamar dan tidur di bawah selimut yang hangat selama 30 menit sela menuggu air mendidih, terus mandi deh. Saya menutup pintu dan jendela kamar mandi dengan rapat agar udara pagi yang dingin tidak masuk.

Mamah saya selalu bilang kalau mandi pagi harus menggunakan air dingin supaya mata kita "melek" dan cepat-cepat ingin selesai mandi karena air dan udara yang dingin daripada mandi menggunakan air panas yang malah membuat kita makin ngantukdan malas. Tapi saya benar-benar tidak tahan dengan udara pagi yang sangat dingin.

Dan itu memang terbukti. Karna saking asiknya mandi menggunakan air panas, saya bisa menghabiskan waktu di kamar mandi selama 15-30 menit. bahkan ga mau keluar dari kamar mandi karna saking enaknya. Sedangkan........

kakak saya bekerja di tempat yang banyak pengunjungnya, lalu pulang pada subuh hari. Karena dia bekerja di tempat yang terdapat banyak pengunjung, jadi dia selalu merasa kepanasan. Sehingga sampainya di rumah pada subuh hari dia selalu menghidupkan AC pada 18 derajat celcius.

Sela saya sedang asiknya mandi mneggunakan air panas, kakak saya juga sedang asik-asiknya tidur menggunakan AC di kamar. Sehingga setelah saya selesai mandi saya sangat "terkejut" dengan perubahan suhu ketika saya berada di kamar mandi dan suhu ketika saya berada di kamar yang sangat berbeda. Lalu seketika saya cepat-cepat mematikan AC dan bersiap-siap untuk pergi ke sekolah.

Dari kejadian ini saya simpulkan bahwa suhu tubuh kakak saya rendah (dingin) karena terbiasa dengan tempat yang dingin dan tidak ingin merasa kepanasan. Dan begitu sebaliknya, suhu tubuh saya ketika pagi hari tinggi (panas) karena tidur dengan menggunakan selimut yang menahan panas tubuh saya dan suhu tubuh saya semakin tinggi karena mandi menggunakan air panas, dan tidak ingin mersa kedinginan.

1 komentar:

  1. Waah... Uthe biasa mandi air panas yya???
    Klo aq gk bisa... Pasti langsung merasa kepanasan.. (yya iyalah...) Hheehe...

    Klo aq biar udara dingin tetap mandi air dingin..
    Biar tambah segar!!!

    BalasHapus