Kamis, 22 April 2010

Kelistrikan dalam tubuh

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanyamuatan listrik. Listrik dapat juga diartikan sebagai kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektro dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. Atau sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

Temen-temen tahu ga….

Luigi Galvani seorang ahli anatomi dari italia, menemukan bukti petama bahwa listrik berperan dalam kontraksi otot pada tahun 1786. Ia mendapatkan bahwa apabila dua potong logam yang berbeda di hubungkan dan ujung – ujung bebas dari keduanya di sentuhkan ke beberapa bagian otot seekor kodok yang telah mati, otot kodok akan berkontraksi.

Listrik yang dihasilkan di dalam tubuh berfungsi untuk mengendalikan dan mengoperasikan saraf, otot dan berbagai organ. Kerja otak pada dasarnya bersifat elektrik.

Ada juga alat yang dipakai untuk mengukur potensial listrik permukaan tubuh yang disebut dengan elektroda permukaan kulit yang terbuat dari metal/logam tahan karat seperti perka, nikel atau alloy.

Alat ini dipakai pada tahun 1917, dengan cara didaerah yg dipasangkan elektroda digosok dgn saline solution (air garam fisiologi). Diganti dgn Jelly atau pasta (elektrolit).

Wah-wah, hebat banget,,, 0.0

1 komentar:

  1. Asik lah sii kodok...
    Udah mati tp ototnya masih bisa berkontraksi gara2 alat itu....

    BalasHapus